DURIO FAMILY

Selasa, - 09:13:50 WIB | dilihat: 389 pengunjung

Tabe Salamat Lingu Nalatai, Salam Sujud Karendem Malempang..
Adil Ka’Talino. Bacuramin Kasaruga, Basengat Ka’Jubata..

Buah ini bernama latin Durio oxleyanus dan ternyata penyebutan tentang buah yang masih satu keluarga dengan durian (Durio Family) ini mempunyai penyebutan yang berbeda di berbagai daerah. Di Kalimantan sendiri yang mempunyai lima Propinsi buah ini dapat disebut sebagai Dian, Durian, Lai, Lai bengang, Karantungen, Kerantongan, Kerantungan, Ketungan, Tongkoi,Kutongan serta Sukang.

Ciri khas pada buah adalah warna kulit buah hijau, tidak kuning meskipun sudah matang. Buah seperti kebanyakan jenis durian lainnya. Buah yang masak dan jatuh ke tanah, tidak langsung merekah, tapi memerlukan waktu yang lama untuk merekah dengan sendirinya, buah tidak mengeluarkan aroma dan mengandung alkohol yang cukup tinggi, daging buahnya berwarna mentega dan manis rasanya.

Selain buahnya yang manis dan lezat, buah ini telah dipercaya sebagai obat ampuh bagi penyakit malaria dengan cara mengekstrak kulit buahnya

Masih menurut warga, pohon karantungen sudah semakin jarang sekarang. Maka dari itu diperlukan pelestarian tanaman langka ini agar tetap eksis nantinya. Selain itu, perlu juga untuk menjaga hutan beserta penghuninya.

cc.Jpic Kalimantan

 — merasa nostalgia.

Belum ada foto proyek pada halaman ini.